Metode kepemimpinan

Ketrampilan Mendengar
(Soler Principles)
• S : face the other person SQUARELY
• O : OPEN postures
• L : LEARN
• E : keep good EYE contact
• R : try to be at home relativlely RELAXED posisions

Empati Dalam Komunikasi
• Kemampuan untuk memproyeksikan dirinya pada kondisi dan perasaan orang lain
• Sangat diperlukan agar pesan dapat diterima secara efektif
• Komunikator dan Komunikan perlu saling membangun empati

6 PENDEKATAN MENGHADAPI KONFLIK
1. MENARIK DIRI (withdrawl)
2. MENGABAIKAN DAN RUJUK
(smoothing and conciliation)
3. PERSUASI (persuation)
4. PEMAKSAAN DAN PENEKANAN
(forcing and pressure)
5. TAWAR NENAWAR (bargaining)
6. PEMECAHAN MASALAH TERPADU
(integrative problem solving)

Unsur-unsur Motivasi
 Motivator yaitu seoang yang melakukan kegiatan motivasi.
 Pesan, yaitu materi yang akan disampaikan dalam kegiatan motivasi.
 Sasaran, yaitu obyek dari kegiatan motivasi.

Prinsip – prinsip Motivasi
 Motivasi harus terencana berdasarkan data dan permasalahan yang dikumpulkan dari sasaran.
 Motivasi harus jelas tujuan dan sasarannya.
 Motivasi harus sesuai dengan kebutuhan sasaran.
 Motivasi tidak boleh menyinggung perasaan.
 Motivasi hendaknya dilaksanakan melalui pemimpin kelompok
 Motivasi tidak boleh dilaksanakan dengan paksaan atau dengan menakut-nakuti.

Motivasi Prestasi (nAch)
 Pemimpin mengambil tanggung jawab secara pribadi atas perbuatan-perbuatannya.
 Pemimpin menentukan sendiri standart prestasinya dan berpatokan pada standart tersebut.
 Pemimpin mengambil resiko-resiko yang wajar, artinya ia tidak akan melakukan hal-hal yang dianggapnya terlalu mudah atau terlalu sulit.
 Pemimpin mencoba mendapat umpan balik atas perbuatan-perbuatannya.
 Pemimpin berusaha melakukan segala sesuatu secara kreatif dan inovatif.

Motivasi Berafiliasi (nAff)
 Pemimpin sering bergaul dengan orang-orang lain.
 Pemimpin lebih mementingkan aspek-aspek interpersonal dari pekerjaannya dari pada aspek-aspek yang menyangkut tugas-tugas dalam pekerjaannya.
 Pemimpin berusaha mendapat persetujuan orang lain.
 Pemimpin melaksanakan tugas-tugasnya secara lebih efektif bila bekerja dengan orang-orang lain dalam suasana kerjasama.

Motivasi Kekuasaan (nPow)
 Pemimpin peka terhadap struktur pengaruh interpersonal dari suatu kelompok atau organisasi.
 Pemimpin mempunyai koleksi benda-benda atau memasuki organisasi-organisasi yang mempunyai prestise.
 Pemimpin mencoba membantu orang-orang lain sedangkan bantuan itu tidak diminta atau diinginkan oleh orang-orang itu.

Prinsip umum dari kepemimpinan yang baik ialah bahwa semakin besar perhatian anda pada para karyawan anda , semakin keras mereka bekerja untuk anda. Gaya kepemimpinan sesuai dengan pemimpinnya. Namun jika anda benar-benar mementingkan para karyawan anda, kemungkinan sukses anda lebih besar. Jika anda bersifat manusiawi dalam hubungan anda dengan karyawan anda, hal itu hampir pasti akan membawa efisiensi dan laba yang lebih besar.


Semoga Bermanfaat...

Komentar

Anonim mengatakan…
udah hampir 1 minggu ini di Perum Purimas Regency Bitung sari gak kebagian air... . tolong donk pelayanannya
Anonim mengatakan…
DITUJUKAN KEPADA PDAM CIBINONG khususnya, mohon jika menghentikan aliran air dengan alasan apapun itu kami sebagai pengguna pelayanan kalian diberikan pemberitahuan sebelumnya, jadi kami bisa menampung air untuk keperluan kami selama kalian menghentikan saluran air tersebut apapun alasannya. Buat kami memahami pelayanan anda yang jelas, pelayanan kalian bukan hanya mengalirkan air bersih buat kami, bukan juga hanya menghitung meteran air, memasang saluran, memperbaiki segala kerusakan saluran, administrasi dan sebagainya. Kami mohon agar anda juga membuka komunikasi dengan para pelanggan yang menggunakan layanan anda dengan baik, jelas, tegas dan lugas. AIR BERSIH di rumah kami, ditempat beribadah kami, ditempat usaha kami, dan sebagainya di PERCAYAKAN kepada kalian untuk mengelolanya. Bukalah komunikasi kalian dengan kami dengan baik, kami pasti memaklumi dan memahami jika kalian menghentikan saluran air bersih yang dialirkan di didaerah kami jika kami diberitahukan sebelumnya. Jangan menutup komunikasi dengan kami, tunjukan kalau kalian PDAM yang terus berINOVASI dalam segala bentuk pelayanan. Jika kalian menghentikan air tanpa pemberitahuan kepada kami secara terus menerus, akankah reputasi kalian akan terus terjaga dimata kami ? apakah ada sesuatu dibalik pengelolaan perusahaan kalian ? apakah kami tidak boleh mengetahui dibalik penghentian aliran air tersebut ? apakah mungkin anda tidak perduli dan hanya sekedar mengambil keuntungan?, maaf kami sebagai pengguna layanan kalian ingin membuang prasangka buruk yang mungkin akan terlintas nantinya jika kalian terus-menerus seperti ini, kami disini MENUNTUT HAK PEMBERITAHUAN SEBAGAI PENGGUNA LAYANAN KALIAN. Semua ini adalah KRITIK & SARAN UNTUK PDAM CIBINONG, terima kasih.
Anonim mengatakan…
Sama kami di Perum griya darmaga asri blok H4 jl Raya Cibanteng Bogor tiap hari air mati, sehingga kami kesulitan untuk mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari , sehingga kami sulit mendapatkan air untuk beribadah
Mohon jika ada kerusakan di pdam leuwiliang untuk segera diperbaiki sehingga kami sebagai pelanggan bisa mendapatkan air untuk beribadah dengan tenang. semoga kerusakan-kerusakan yang terjadi di pdam leuwiliang cepat diperbaiki sehinga tidak menzolimi para pelanggan karena kesulitan air untuk beribadah.
terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.
Unknown mengatakan…
Air mati mulu gmn nih pdam tanggung jawabnya

Postingan Populer