Metode kepemimpinan
Ketrampilan Mendengar
(Soler Principles)
• S : face the other person SQUARELY
• O : OPEN postures
• L : LEARN
• E : keep good EYE contact
• R : try to be at home relativlely RELAXED posisions
•
Empati Dalam Komunikasi
• Kemampuan untuk memproyeksikan dirinya pada kondisi dan perasaan orang lain
• Sangat diperlukan agar pesan dapat diterima secara efektif
• Komunikator dan Komunikan perlu saling membangun empati
•
6 PENDEKATAN MENGHADAPI KONFLIK
1. MENARIK DIRI (withdrawl)
2. MENGABAIKAN DAN RUJUK
(smoothing and conciliation)
3. PERSUASI (persuation)
4. PEMAKSAAN DAN PENEKANAN
(forcing and pressure)
5. TAWAR NENAWAR (bargaining)
6. PEMECAHAN MASALAH TERPADU
(integrative problem solving)
Unsur-unsur Motivasi
Motivator yaitu seoang yang melakukan kegiatan motivasi.
Pesan, yaitu materi yang akan disampaikan dalam kegiatan motivasi.
Sasaran, yaitu obyek dari kegiatan motivasi.
Prinsip – prinsip Motivasi
Motivasi harus terencana berdasarkan data dan permasalahan yang dikumpulkan dari sasaran.
Motivasi harus jelas tujuan dan sasarannya.
Motivasi harus sesuai dengan kebutuhan sasaran.
Motivasi tidak boleh menyinggung perasaan.
Motivasi hendaknya dilaksanakan melalui pemimpin kelompok
Motivasi tidak boleh dilaksanakan dengan paksaan atau dengan menakut-nakuti.
Motivasi Prestasi (nAch)
Pemimpin mengambil tanggung jawab secara pribadi atas perbuatan-perbuatannya.
Pemimpin menentukan sendiri standart prestasinya dan berpatokan pada standart tersebut.
Pemimpin mengambil resiko-resiko yang wajar, artinya ia tidak akan melakukan hal-hal yang dianggapnya terlalu mudah atau terlalu sulit.
Pemimpin mencoba mendapat umpan balik atas perbuatan-perbuatannya.
Pemimpin berusaha melakukan segala sesuatu secara kreatif dan inovatif.
Motivasi Berafiliasi (nAff)
Pemimpin sering bergaul dengan orang-orang lain.
Pemimpin lebih mementingkan aspek-aspek interpersonal dari pekerjaannya dari pada aspek-aspek yang menyangkut tugas-tugas dalam pekerjaannya.
Pemimpin berusaha mendapat persetujuan orang lain.
Pemimpin melaksanakan tugas-tugasnya secara lebih efektif bila bekerja dengan orang-orang lain dalam suasana kerjasama.
Motivasi Kekuasaan (nPow)
Pemimpin peka terhadap struktur pengaruh interpersonal dari suatu kelompok atau organisasi.
Pemimpin mempunyai koleksi benda-benda atau memasuki organisasi-organisasi yang mempunyai prestise.
Pemimpin mencoba membantu orang-orang lain sedangkan bantuan itu tidak diminta atau diinginkan oleh orang-orang itu.
Prinsip umum dari kepemimpinan yang baik ialah bahwa semakin besar perhatian anda pada para karyawan anda , semakin keras mereka bekerja untuk anda. Gaya kepemimpinan sesuai dengan pemimpinnya. Namun jika anda benar-benar mementingkan para karyawan anda, kemungkinan sukses anda lebih besar. Jika anda bersifat manusiawi dalam hubungan anda dengan karyawan anda, hal itu hampir pasti akan membawa efisiensi dan laba yang lebih besar.
Semoga Bermanfaat...
(Soler Principles)
• S : face the other person SQUARELY
• O : OPEN postures
• L : LEARN
• E : keep good EYE contact
• R : try to be at home relativlely RELAXED posisions
•
Empati Dalam Komunikasi
• Kemampuan untuk memproyeksikan dirinya pada kondisi dan perasaan orang lain
• Sangat diperlukan agar pesan dapat diterima secara efektif
• Komunikator dan Komunikan perlu saling membangun empati
•
6 PENDEKATAN MENGHADAPI KONFLIK
1. MENARIK DIRI (withdrawl)
2. MENGABAIKAN DAN RUJUK
(smoothing and conciliation)
3. PERSUASI (persuation)
4. PEMAKSAAN DAN PENEKANAN
(forcing and pressure)
5. TAWAR NENAWAR (bargaining)
6. PEMECAHAN MASALAH TERPADU
(integrative problem solving)
Unsur-unsur Motivasi
Motivator yaitu seoang yang melakukan kegiatan motivasi.
Pesan, yaitu materi yang akan disampaikan dalam kegiatan motivasi.
Sasaran, yaitu obyek dari kegiatan motivasi.
Prinsip – prinsip Motivasi
Motivasi harus terencana berdasarkan data dan permasalahan yang dikumpulkan dari sasaran.
Motivasi harus jelas tujuan dan sasarannya.
Motivasi harus sesuai dengan kebutuhan sasaran.
Motivasi tidak boleh menyinggung perasaan.
Motivasi hendaknya dilaksanakan melalui pemimpin kelompok
Motivasi tidak boleh dilaksanakan dengan paksaan atau dengan menakut-nakuti.
Motivasi Prestasi (nAch)
Pemimpin mengambil tanggung jawab secara pribadi atas perbuatan-perbuatannya.
Pemimpin menentukan sendiri standart prestasinya dan berpatokan pada standart tersebut.
Pemimpin mengambil resiko-resiko yang wajar, artinya ia tidak akan melakukan hal-hal yang dianggapnya terlalu mudah atau terlalu sulit.
Pemimpin mencoba mendapat umpan balik atas perbuatan-perbuatannya.
Pemimpin berusaha melakukan segala sesuatu secara kreatif dan inovatif.
Motivasi Berafiliasi (nAff)
Pemimpin sering bergaul dengan orang-orang lain.
Pemimpin lebih mementingkan aspek-aspek interpersonal dari pekerjaannya dari pada aspek-aspek yang menyangkut tugas-tugas dalam pekerjaannya.
Pemimpin berusaha mendapat persetujuan orang lain.
Pemimpin melaksanakan tugas-tugasnya secara lebih efektif bila bekerja dengan orang-orang lain dalam suasana kerjasama.
Motivasi Kekuasaan (nPow)
Pemimpin peka terhadap struktur pengaruh interpersonal dari suatu kelompok atau organisasi.
Pemimpin mempunyai koleksi benda-benda atau memasuki organisasi-organisasi yang mempunyai prestise.
Pemimpin mencoba membantu orang-orang lain sedangkan bantuan itu tidak diminta atau diinginkan oleh orang-orang itu.
Prinsip umum dari kepemimpinan yang baik ialah bahwa semakin besar perhatian anda pada para karyawan anda , semakin keras mereka bekerja untuk anda. Gaya kepemimpinan sesuai dengan pemimpinnya. Namun jika anda benar-benar mementingkan para karyawan anda, kemungkinan sukses anda lebih besar. Jika anda bersifat manusiawi dalam hubungan anda dengan karyawan anda, hal itu hampir pasti akan membawa efisiensi dan laba yang lebih besar.
Semoga Bermanfaat...
Komentar
Mohon jika ada kerusakan di pdam leuwiliang untuk segera diperbaiki sehingga kami sebagai pelanggan bisa mendapatkan air untuk beribadah dengan tenang. semoga kerusakan-kerusakan yang terjadi di pdam leuwiliang cepat diperbaiki sehinga tidak menzolimi para pelanggan karena kesulitan air untuk beribadah.
terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.