pengendalian kehilangan air

kendala dalam upaya pengendalian kehilangan air adalah :
• Terbatasnya dana di PDAM yang dapat dipakai untuk pengendalian kehilangan air.
• Kurang lengkapnya peralatan teknik untuk menunjang sistem pengendalian kehilangan air.
• Sumber Daya Manusia (SDM) yang relatif masih kurang mampu dan perhatian terhadap masalah kehilangan air.
• Kurangnya kesadaran dalam hal pemeliharaan dan besarnya kerugian PDAM akibat kehilangan air.

mengoptimalkan hasil pembacaan meter pelanggan sebagai indikator analisa kehilangan air, dapat dilakukan dengan syarat :
1. Sistem distribusi pengaliran dengan sistem DMA (blok) yang dilengkapi dengan meter blok yang berfungsi baik. Blok harus benar-benar terisolasi (tidak berhubungan dengan blok yang lainnya.
2. Pembagian petugas pembacaan meter dilakukan berdasarkan blok
3. Waktu pembacaan disamakan antara membaca Meter Induk Blok dengan Meter pelanggan

Setelah syarat tersebut dipenuhi, hasil total angka bacaaan Meter Induk dan meter pelanggan tidak boleh selesih > 15% dan apabila lebih dapat disimpulkan bahwa teridentifikasi terjadi kehilangan air yang harus dilakukan pengecekan secara komprehensif pada semua indikator lainnya. (pengecekatan jaringan pipa, akurasi meter pelanggan.


Upaya-upaya yang dilakukan dalam rangka penurunan tingkat kehilangan air dan peningkatan pelayanan kepada pelanggan yang berkaitan dengan Meter Air adalah :
1. Rehab Instalasi Meter Air --> dilaksanakan terhadap meter air yang tertimbun --> supaya bisa dibaca dengan baik
2. Tera Ulang Meter Air --> dilaksanakan terhadap meter air yang terpasang di pelanggan yang berusian 3-5 tahun --> menjaga Akurasi/lifetime meter air.
- Tidak Akurat --> Ganti Meter Baru
- Akurat --> Pasang Kembali
dilakukan berdasarkan UU No.2 Tahun 1981 Tentang Metrologi Legal
3. Penggantian Meter Air Rusak
4. Service Meter Air --> Pembersihan kotoran-kotoran yang bisa merusak meter air (lumut, pasir, dll)
- Pelanggan Rumah Tangga --> Informasi Pembaca Meter, Pelanggan
- Pelanggan Komersial --> Rutin dilakukan perawatan/service minimal 1 x dalam 1 bulan
5. Test Akurasi di Pelanggan --> Tanggapan terhadap komplain pelanggan, dilakukan dilapangan dengan alat Portable Test Bench
6. Sosialisasi & Edukasi kepada pelanggan mengenai Meter Air

Diharapkan dengan adanya upaya-upaya tersebut diatas Goals yang ingin dicapai :
1. Tingkat Kepuasan Pelanggan meningkat
2. Kehilangan Air dapat ditekan, baik teknis maupun non teknis
3. Komplain terhadap meter air akan berkurang
4. Citra PDAM akan lebih baik
5. Meningkatkan pendapatan.

Komentar

Postingan Populer